Yuk, Belajar Teks Eksplanasi


Apa itu teks eksplanasi? Pertanyaan tersebut saya ajukan setelah hari sebelumnya saya memberi materi mengenai hal terkait. Agar siswa juga lebih memahami, saya juga menampilkan contoh-contoh teks eksplanasi.

(Dalam dokumentasi ini, saya dibantu oleh kelas 8A SMP YPJ Tembagapura)

Dari pertanyaan tersebut, beberapa siswa masih menjawab bahwasanya teks eksplanasi itu teks yang mengandung suatu proses. Lalu, apa bedanya teks eksplanasi dengan teks prosedur? Kan, sama-sama memiliki proses? Ada yang menjawab bahwa teks eksplanasi itu teks yang memuat proses kejadian alam, sosial, budaya, dlsb sedangkan teks prosedur itu teks yang mengandung cara mengerjakan sesuatu. Saya mengiyakan.

Selanjutnya, saya ingin memberi pemahaman siswa lebih jauh mengenai teks eksplanasi. Saya pun menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan. Tujuannya agar siswa mampu mencari teks eksplanasi secara langsung. Tidak sekadar mencari. Siswa juga menulis ulang atau bisa menggambar proses apa yang terjadi di teks eksplanasi yang mereka temukan. Saya melihat mereka begitu antusias mencari teks eksplanasi. Seorang siswa kelas 8A bertanya,”Pak Guru, apa ini termasuk teks eksplanasi?” Saya melihat terlebih dahulu teks yang dia tunjukkan. Jika termasuk, saya mengiyakan. Namun, teks yang didapatkannya kurang tepat. Saya memberi contoh beberapa kejadian dan fenomena yang tergolong teks eksplanasi. Siswa tersebut lalu mencari buku lainnya.

 

Di bawah ini hasil pekerjaan siswa dalam mereviu teks eksplanasi yang mereka temukan di perpustakaan. Kertas yang ditempel di dinding adalah pekerjaan siswa sebelum mengunjungi perpustakaan dan setelah mendapat materi teks eksplanasi.

 

Pertemuan berikutnya, saya menggunakan ipad untuk menunjang pembelajaran. Saya arahkan siswa untuk mencari video di youtube yang mengaplikasikan teks eksplanasi. Siswa cukup menulis judul videonya, proses yang terjadi, bentuknya – apakah berupa siklus yakni memutar atau berupa linear yakni berjalan lurus – serta sumber video di youtube. Jadi, dalam penggunaan ipad ini, siswa dituntun untuk belajar menyimak serta mengamati video yang mengaplikasikan teks eksplanasi.

 

Harapan ke depan untuk siswa adalah siswa mampu mengindetifikasi teks eksplanasi dengan tepat, baik itu dalam bentuk teks ataupun bentuk video. Lebih jauh lagi, siswa sanggup mengimplementasikan teks eksplanasi dengan proyek yang aplikatif, semacam  video animasi sederhana. (AW)

Leave a comment